Saturday, October 4, 2008

MARCO VAN BASTEN





MARCO VAN BASTEN

Sosok pemain bola yang juga sangat kusukai dan menjadi idolaku setelah era pemain-pemain yang ada dalam tim Oranje tahun 1974 dan 1978. Pertama kali kulihat permainannya dalam piala UEFA Cup atau Cup Winners Cup (aku sedikit lupa tepatnya,maklum sudah cukup lama) dimana di final ia membawa Ajax menjadi juara saat itu.
Pada tahun 1988 tim Oranje Belanda masuk dalam kejuaraan Piala Eropa di Jerman. Mereka saat itu kembali dilatih oleh pelatih kesayanganku, Rinus Michels, pelatih tim Oranje tahun 1974. Saat itu aku sendiri sedikit pesimis melihat tim Belanda, apalagi memikirkan mereka dapat menjuarai piala Eropa.
Saat itulah aku terkesima melihat permainan tim Belanda, terutama Marco van Basten, selain rekan-rekan setimnya seperti sang kapten Ruud Gullit, Frank Rijkaard, Ronald Koeman, Arnold Muhren, Hans van Breukelen, Jan Wouters,dll.
Terlebih saat ia dan Ruud Gullit menyumbangkan dua gol kemenangan mengalahkan tim Uni Sovyet saat itu. Sungguh mempesona melihat gol yang mereka buat dan mematahkan mitos bahwa Belanda hanya terlahir untuk menjadi “runner up” dan bukan juara.
Luar biasa sekali, kini Marco van Basten juga telah menjadi arsitek tim Oranje baik di piala Dunia maupun piala Eropa, meski ia gagal membawa tim Oranje ke tangga juara namun ia berhasil melahirkan tim muda yang tangguh.
Kini ia melatih Ajax Amsterdam, kuberharap sebagai pelatih sekalipun ia dapat berprestasi juga.

No comments: